Bisnis Online

Kiat Sukses Melakukan Perencanaan Usaha di Bidang Jasa

Peluang Usaha di Bidang Jasa Kiat Sukses Melakukan Perencanaan Usaha di Bidang Jasa

KIAT SUKSES MELAKUKAN PERENCANAAN USAHA DI BIDANG JASA – Penting artinya mempertimbangkan jenis usaha dengan lokasi yang kita pilih. Kita harus cermat dalam menentukan lokasi tempat usaha. Pilihlah lokasi yang strategis. Lokasi strategis membantu kesuksesan terjualnya produk atau jasa yang kita tawarkan. Hal-hal yang dapat kita pelajari untuk menentukan lokasi untuk tempat usaha yang tepat adalah berikut ini.

Peluang Usaha di Bidang Jasa Kiat Sukses Melakukan Perencanaan Usaha di Bidang Jasa

A. Menentukan Lokasi untuk Tempat Usaha

Lokasi tempat usaha merupakan salah satu factor yang berpengaruh terhadap kesuksesan suatu usaha.  Sebab, lokasi strategis memudahkan orang banyak untuk mengunjungi usaha kita. Utamakan akses menuju lokasi usaha kita mudah dijangkau. Namun, terkadang untuk mendapatkan lokasi strategis tidak mudah. Biasanya , untuk menyewa lahan usaha yang strategis kita harus mengeluarkan dana yang besar.

1. Kemudahan Akses Menuju Lokasi Tempat Usaha
Sebelum menentukan lokasi tempat Peluang Usaha Jasa , pikirkanlah akses menuju lokasi tempat usaha kita. Hal ini sangat penting mengingat kenyamanan konsumen. Apabila usaha yang akan kita dirikan berada di tepi jalan raya, perhatikan juga lahan parkirnya. Konsumen akan lebih antusias mengunjungi lokasi usaha kita jika tidak banyak kesulitan yang dihadapinya. Akses yang memudahkan konsumen tentu akan mendapatkan perhatian tersendiri dari konsumen. Hal tersebut berpengaruh besar terhadap kelangsungan usaha yang akan kita bangun.

2. Dana sewa lokasi untuk sewa usaha
Dibutuhkan perencanaan yang matang untuk menentukan lokasi tempat usaha. Apabila kita telah memiliki tempat usaha atau usaha akan didirikan di rumah, kita harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya. Pastikan kelebihan mendirikan usaha di rumah mendukung kesuksesan usaha yang kita jalankan. Buktikan dengan survey bahwa konsumen di lingkungan sekitar rumah akan merespons dengn baik produk usaha kita. Apabila membangun usaha di rumah tidak menguntungkan, ada baiknya kita memikirkan sewa tempat. Tentu harga cukup tinggi akan ditawarkan untuk sewa lokasi tempst usaha yang strategis. Lakukan perhitungan sebelum memutuskan sewa tempat. Mampuhkah keuntungan kita setiap bulan menutup kebutuhan sewa tempat dan operasional usaha? Hal tersebut harus kita hitung dengan baik.
3. Perizinan Lokasi Tempat Usaha
Perhatikanlah mengenai perizinan. Pastikan segala hal yang terkait dengan perizinan,baik lokasi maupun legalitas produk tidak terabaikan. Hal ini sangat penting untuk keberlangsungan usaha kita. Jangan sampai usah kita berhenti di tengah jalan atau terganjal oleh persoalan yang tidak diinginkan, misalnya yang terkait dengan perizinan. Dengan demikian, perizinan lokasi tempat usaha harus diperhatikan dan dilaksanakan sebelum usaha kita berdiri.
4. Lingkungan lokasi tempat usaha
Salah satu factor pendukung keberhasilan usaha kita adalah lingkungan disekitar lokasi tempat usaha kita beridiri. Lingkungan dapat mempengaruhi respons terhadap produk atau jasa yang kita jual. Selain itu, Lingkungan juga membangun minat konsumen terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan. Umumnya, Semakin banyak usaha beridiri di sekitar lokasi, maka keramaian konsumen akan terlihat. Jadi, para konsumen lebih tertarik dating ke lokasi yang terdapat berbagai macam usaha.

5. Kebersihan Lokasi Tempat Usaha

Kebersihan lokasi tempat usaha membuat konsumen merasa nyaman untuk berbelanja atau menikmati jasa yang kita tawarkan. Bayangkan saja jika lokasi tempat usaha kita kumuh, maka konsumen akan merasa tidak nyaman dan ragu untuk berkunjung. Konsumen menyukai produk yang bersih dan lokasi yang nyaman. Dengan demikian, penting artinya menjaga kebersihan lingkungan sekitar lokasi tempat usaha kita. Tujuannya tidak lain agar konsumen merasa nyaman berkunjung ke lokasi tempat usaha kita .

6. Keamanan Lokasi Temapat Usaha
Lingkungan yang aman memberikan kenyamanan pada konsumen. Pastikan lokasi usaha kita aman. Keamanan dapat dicontohkan dengan memberikan tempat parker. Konsumen tidak akan ragu meninggalkan kendaraan mereka di tempat parker. Terciptanya keamanan lingkungan dapat mengurangi risiko pencurian atau perusakan yang mungkin saja terjadi pada usaha yang ada di lokasi kita .

B. Menentukan Barang atau Jasa yang Akan Dijual

Pada dasarnya, menentukan barang atau jasa yang akan kita jual gampang-gampang susah. Kita harus cermat dalam menentrukan barang atau jasa yang akan dijual. Tentu pilihan kita jatuh pada barang atau jasa yang dapat memuaskan konsumen. Kita harus memahami pengertian produk atau jasa untuk lebih inovatif dalam menentukannya sebagai bagian dari usaha kita. Produk adalah objek yang tercermin secara fisik. Produk memberikan jasa dan terkait dengan ide, orang, dan tempat. Jasa merupakan segala aktivitas yang ditawarkan oleh seseorang ke orang lain dan memberikan manfaat.

Peluang Usaha di Bidang Jasa Kiat Sukses Melakukan Perencanaan Usaha di Bidang Jasa

Produk atau jasa yang kita tentukan dalam usaha yang kita tekuni akan mempengaruhi omzet penjualan kita. Tentu saja kita tidak salah melangkah di awal, hingga pada akhirnya mengakibatkan hal fatal yang mencederai usaha kita. Langkah-langkah menentukan barang atau jasa yang akan dijual di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Pahami Produk atau Jasa yang Akan kita jual
Sebelum menentukan produk atau jasa yang akan kita jual, maka kita wajib memahami secara utuh seluk beluk produk atau jasa tersebut. Maksudnya, kita harus paham mengenai fungsi dan manfaatnya. Penguasaan terhadap pengetahuan produk atau jasa merupakan hal penting dan wajib. Konsumen sudah pasti akan menanyakan banyak hal mengenai produk atau jasa yang kita jual. Perhatikan juga keunggulan produk atau jasa yang kita jual juga bergantung penguasaan kits terhadap produk atau jasa tersebut. Bagaimana cara kita menyampaikan dan menjawab pertanyaan konsumen seputar produk atau jasa tersebut sangat berpengaruh.

2. Pilih Produk atau Jasa yang dikenal konsumen
Konsumen cenderung membeli produkatau menggunakan jasa yang mereka kenal. Baik mereka sudah terbiasa menggunakan produk atau jasa tersebut, maupun mereka mengenalnya lewat iklan. Boleh saja menjual produk atau jasa dengan merk baru, nsmun bisa jadi consumen masih meragukan produk atau jasa tersebut. Kemudahan dan kelancaran usaha kita terbantu dengan menjual produk atau jasa yang telah dikenal masyarakat.
3. Pilih Produk atau Jasa yang layak jual
Kepuasan konsumen merupakan nilai plus bagi usaha kita. Kepuasan tersebutlah yang membantu usaha kita semakin berkembang. Oleh sebab itu, jangan kecewakan konsumen dengan menjual produk atau jasa yang tidak layak jual. Sebagai contoh, jangan jual produk makanan yang sudah kadaluarsa, jangan mencurangi konsumen dengan mengurangi pelayanan, dan jangan menjual produk yang sudah rusak. Pastikan memeriksa kembali produk atau jasa yang ingin kita jual secara cermat.
4. Pastikan Legalitas Produk atau Jasa yang kita jual
Jangan bermain-main dengan produk atau jasa illegal. Biasanya produk atau jasa illegal memang memberikan banyak keuntungan bagi kita, namun bisa saja sewaktu-waktu kita terseret oleh hal-hal yang tidak diinginkan, Risiko menjual produk atau jasa illegal sangat berat dimata hokum. Bukan kesuksesan yang akan kita dapat, namun sanksi pidana yang berat. Pastikan legalitas produk atau jasa sebelum kita menjualnya.

Demikianlah artikel tentang Kiat Sukses Melakukan Perencanaan Usaha di Bidang Jasa semoga menjadi inspirasi untuk anda dan semoga bermanfaat. Selamat berusaha dan tetap semangat.

baca juga artikel sebelumnya tentang Peluang Bisnis Jasa Penitipan Sepeda Motor Menguntungkan.

Most Popular

www.peluangusahajasa.com

Peluang Usaha Bidang Jasa Tahun 2019.

To Top